Suzuki XL7 2021

Product Description

Suzuki XL7 telah resmi diluncurkan di Indonesia pada 2020 lalu. Mobil ini banyak diminati oleh para konsumen di Tanah Air hingga saat ini.

Suzuki XL7 dinilai mempunyai spesifikasi yang mumpuni, mulai dari bagian mesin, eksterior, interior, hingga fiturnya.

Mobil yang masuk ke segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV) ini menjadi pesaing kuat Toyota Rush, Honda BR-V, serta Daihatsu Terios.

XL7 mengandalkan basis rangka Suzuki Ertiga terbaru untuk diwujudkan sebagai mobil SUV. Basis rangkanya berteknologi HEARTECT yang juga mirip dengan Ignis dan Baleno.

Penamaan Suzuki XL7 ini dinilai cukup unik karena biasanya, pihak Suzuki memberikan nama pada mobil-mobil buatannya dengan dua atau tiga huruf.

Mulai dari tipe GA, GL, GX, dan SGX. Untuk XL7 sendiri, pihak Suzuki menjelaskan bahwa mobil buatannya tersebut menggunakan nama dari kawanan serigala.

Untuk harganya, Suzuki XL7 dijual seharga Rp236,5 juta untuk tipe terendah dan Rp273,5 juta untuk tipe tertinggi.

Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai Suzuki XL7 dari bagian eksterior, interior, fitur, serta mesinnya.

Eksterior Suzuki XL7

Jika melihat tampilan Suzuki XL7, terlihat gagah dengan adanya desain gril, headlamp, kap mesin, serta bumper yang berotot.

Dari segi dimensi, Suzuki XL7 mempunyai ukuran lebih panjang 55 mm, lebih lebar 40 mm, serta lebih tinggi 20 mm dibandingkan Ertiga terbaru.

Pihak Suzuki menyebut desain eksterior XL7 sebagai muscular design. Desain tersebut terlihat cukup berbeda dengan desain Ertiga terbaru.

Terdapat warna two tone yang hanya ada pada trim Alpha untuk memperlihatkan kesan tangguh. Disematkan lampu depan yang sudah mengusung jenis LED (Light Emitting Diode) dengan fitur auto on.

Dengan adanya fitur tersebut, pengguna cukup posisikan saklar di auto. Jika sensor mendeteksi gelap, lampunya akan menyala secara otomatis.

Namun, fog lamp (lampu kabut) XL7 masih menggunakan halogen biasa. Hal ini tidak menjadi masalah besar karena saat melalui jalanan berkabut, kabutnya yang tebal akan tembus dengan cahaya dari lampu kabut XL7.

Pada bagian samping, terdapat overfender berwarna hitam pada seluruh bodi mobil ini yang seperti menegaskan bahwa XL7 adalah mobil SUV sejati.

Terdapat juga lingkar roda yang berukuran lebih besar 1 inci dibandingkan dengan Suzuki Ertiga terbaru. XL7 mempunyai ukuran lingkar roda ban 195/60R16.

Bantingan suspensi pada XL7 terasa halus karena mobil ini menggunakan ban merek Dunlop yang diklaim memiliki dinding ban lebih lentur jika dibandingkan ban merek lainnya.

Di sisi lain, XL7 disematkan berbagai aksesoris resmi dari pihak Suzuki, mulai dari door sill guard, rear upper spoiler, emblem Alpha, dan door visor (talang air) pada bagian eksterior mobil tersebut.

Pada bagian buritan XL7, terlihat menarik dengan adanya bumper belakang berdesain sporty serta dilengkapi mata kucing agar visibilitas pengemudi saat berkendara di malam hari lebih baik.

Meski lampu belakang XL7 mengusung desain dari lampu belakang Ertiga, semua tipe Suzuki XL7 telah mengadopsi lampu bohlam jenis LED.

Dengan adanya lampu tersebut, tidak hanya dapat memberikan pencahayaan secara maksimal, tapi juga memiliki respon cepat dan daya listrik yang hemat.

Terdapat cladding pada bagian bawah bumper yang mempertegas identitas SUV pada XL7. Mobil ini mempunyai ground clearance atau jarak terendah ke tanah cukup tinggi, bahkan lebih tinggi 20 mm dibandingkan Ertiga.

Ground clearance XL7 ini membuat pihak Suzuki harus melakukan sedikit pembaruan pada stopper, travel sobreker, serta spring rate pada per mobil tersebut.

Namun, tidak perlu khawatir, Suzuki XL7 tetap mempunyai handling yang handal dan mumpuni saat mobilnya dibawa berkendara.

Interior Suzuki XL7

Interior Suzuki XL7 tidak kalah modern dibandingkan eksterior mobil tersebut. Pada bagian dasbor, tetap dipertahankan layout dasbor Ertiga karena memiliki kepraktisan kabin yang bagus dan berdesain menarik.

Namun, dasbor XL7 dibalut dengan warna hitam untuk memperlihatkan kesan sporty. Selain itu, terdapat ornamen di bagian tengah dasbor, dimana Ertiga dipasang corak wood panel, sedangkan XL7 menggunakan motif serat karbon yang terkesan sporty.

Pada bagian pengemudi, terdapat lingkar kemudi dibalut dengan bahan kulit yang terlihat mewah dan dapat digenggam dengan nyaman.

Menariknya, setir XL7 menggunakan desain flat bottom seperti yang digunakan mobil-mobil mewah, seperti Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line dan lainnya.

Tidak hanya itu, setir XL7 dapat diatur naik turun meski belum disematkan teleskopik. Setir tersebut sudah dilengkapi dengan tombol pengatur audio dan tombol untuk mengatur bluetooth ponsel pengguna di balik palang setir kemudi bagian kiri.

Di sisi lain, kursi pengemudi maupun penumpang depan mobil ini menggunakan busa jok yang empuk dan nyaman untuk menyangga tubuh.

Selain itu, kursi pengemudinya sudah dilengkapi height adjuster untuk mengatur ketinggian kursinya sesuai keinginan.

Kursinya pun sudah dibalut bahan kulit sintetis dan fabric yang memberikan kesan mewah serta nyaman saat diduduki.

Pada kursi baris kedua, leg room (ruang kaki) dinilai cukup luas. Kaki penumpang tidak akan tertekuk karena masih ada ruang berkisar 4 sampai 5 jari pada posisi normal.

Selain itu, head room XL7 juga mempunyai ruang yang cukup luas jika penumpang memiliki tinggi di bawah 180 cm.

Namun, head rest-nya hanya disediakan untuk dua penumpang. Pada kursi baris ketiga, cukup nyaman diduduki oleh penumpang dewasa, namun lebih baik diduduki oleh penumpang anak-anak jika menempuh perjalanan jarak jauh.

Jika tidak, penumpang dewasa yang duduk di baris ketiga akan merasa cepat lelah dan pegal. Terdapat fitur keamanan berupa seatbelt 3 titik dan head rest yang disediakan untuk dua penumpang di belakang.

Terdapat juga cup holder untuk menaruh minuman di kursi paling belakang. Pada bagian bagasi, ukurannya cukup luas.

Jika pengguna XL7 ingin ruang bagasi yang lebih luas, kursi belakang bisa dilipat sehingga bisa menaruh barang dalam jumlah lebih banyak.

Jarak antara bibir garasi mobil ini dengan lantai bagasinya rata dan membuat proses masuk dan keluar barang menjadi lebih mudah bagi pengguna.

Bagasi XL7 dapat memuat berbagai barang yang berukuran sedang ataupun besar, seperti tas koper, air mineral galon, dan lainnya.

Selain itu, terdapat kompartemen tambahan di bawah bagasi mobil ini yang praktis sehingga pengguna dapat menaruh barang yang basah atau mudah kotor seperti sandal, sepatu, payung, dan sebagainya.

Fitur Suzuki XL7

Suzuki XL7 telah dibekali dengan berbagai fitur canggih dan cukup lengkap. Pada bagian depan, terdapat fitur smart e-mirror untuk tipe Alpha.

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat mengoperasikan spion tengah secara mutifungsi, seperti menjadi dashcam dengan memori 32 GB dan dapat di-upgrade jadi 64 GB untuk merekam perjalanan pengguna dari awal hingga tempat tujuan.

Selain itu, juga bisa digunakan sebagai kamera parkir saat pengguna ingin melakukan parkir mundur, serta membuat visibilitas jadi lebih baik saat cuaca hujan.

Namun, kamera ini hanya tersedia pada tipe Alpha. Khusus XL7 tipe termahal, dibekali dengan head unit touch screen (layar sentuh) berukuran 8 inci.

Head unit tersebut dapat memutar musik kesukaan pengguna mobil ini dari MP3, bluetooth, AUX-In, serta USB. Namun, belum mengakomodir Apple Carplay dan Android Auto.

Meski demikian, kualitas suara audio pada XL7 cukup baik karena terdapat 4 speaker dan dua tweeter.

Untuk fitur keselamatan, disematkan sistem pengereman ABS (Anti lock Braking System) agar rem tidak terkunci saat pengemudi melakukan pengereman secara mendadak.

Selain itu, disematkan juga EBD (Electronic Brake-force Distribution) untuk meratakan tekanan pengereman pada semua roda mobil, serta (HHC Hill Hold Control) agar mobil tidak meluncur ke belakang saat melalui jalanan tanjakan.

Turut disematkan berbagai fitur keamanan yang handal, seperti fitur keyless entry. Dengan fitur tersebut, pengguna XL7 hanya perlu mengantongi kunci mobilnya dan menekan tombol di gagang pintu untuk membuka dan mengunci pintu mobil.

Terdapat pula SRS Airbag yang dapat melindungi pengguna mobil ini jika terjadi tabrakan keras.

Mesin Suzuki XL7

Suzuki XL7 dibenamkan mesin berkode K15B. Mesin tersebut sama dengan mesin miliki Ertiga dan Jimny.

Mesin XL7 berkapasitas 1.462 cc, 4 silinder, DOHC, VVT. Tenaganya sebesar 103 hp dan torsi 138 Nm. Transmisi yang ditawarkan ada dua, yaitu manual dan otomatis.

Untuk transmisi manual, menggunakan 5 percepatan, sedangkan untuk transmisi otomatis, memakai model matik konvensional dengan 4 percepatan.